Thursday, May 26, 2011

Sains show menumbuhkan cinta terhadap lingkungan

BK Peduli - Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Kecerdasan mereka sangat bergantung pada asupan gizi yang mereka terima. Untuk mengasah kecerdasan mereka, praktek belajar melalui percobaan sangat efektif untuk dilakukan.

Percobaan ilmu pengetahuan
BK Peduli bekerjasama dengan Sahabat Sekolah, salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan pendidikan   ekstrakurikuler sekolah, beberapa waktu yang lalu menggelar satu program kegiatan yang kami namakan eksperimen sains/percobaan melalui ilmu pengetahuan. Kegiatan tersebut mengambil lokasi di SD Al Uswah - Srengseng sawah tentang kecintaan terhadap lingkungan. 


Menanamkan sejak dini tentang kecintaan pada lingkungan hidup merupakan tujuan dari program ini. Melalui pertunjukan ilmu pengetahuan tentang bagaimana proses tumbuhan menyerap makanan diharapkan dapat memicu anak untuk mau ikut menjaga lingkungan disekitarnya, dimulai dari halaman rumah masing-masing.

Percobaan dilakukan dengan menggunakan bunga sebagai obyek penelitian, sebagai makanan, digunakan cairan yang telah dicampurkan pewarna makanan. Hal ini bertujuan agar dapat diketahui bahwa air pewarna tersebut diserap oleh tumbuhan. Apa yang diminum oleh tumbuhan tersebut itulah jadinya. Ditunjukkan dengan cairan yang berbeda warna.

Mau coba ?

silahkan potong batang pacar air di dalam air agar tidak ada udara yang masuk, atau belah dua batang yang ada bunganya, pisahkan di dua tempat berisi 2 (dua) macam cairan yang berbeda warna.

Yuk.. kita tunggu beberapa saat... 

Selama menunggu proses penyerapan oleh tumbuhan tersebut, anak-anak diberikan permainan yang diberi nama ecosystem games.


Dalam ecosystem games murid-murid dilatih untuk bermain peran. Ada yang berperan menjadi hewan, pohon, pemburu dan api. Selain itu ada hero dan penebang, semuanya ikut bermain. Penebang mencari pohon, hewan melindungi pohon, pemburu mencari hewan, dan hewan dilindungi hero. Seru.... kejar-kejaran ! karena heronya banyak, teriakan yang ada adalah... tangkaat, pemburu dan penebang. Hewan pun membantu hero untuk menangkap pemburu dan penebang.Seruu.... akhirnya setelah kejar-kejaran antara hero dan penebang.. pohon dapat selamat semua.

Setelah puas bermain, anak-anak kembali dikumpulkan untuk melihat hasil percobaan mereka.

Ini hasilnya, bunga warna-warni...

Setelah melihat hasil percobaan dan bermain peran, saatnya menceritakan hikmah dan manfaat mencintai lingkungan bagi kita semua melalui story telling

Murid-murid tampak antusias mendengarkan cerita yang dibawakan oleh kakak-kakak dari sahabat sekolah. Pertanyaan-pertanyaan silih berganti disampaikan oleh siswa-siswi tersebut

Selesai story telling, salah satu murid mengatakan "ternyata pohon minum juga yah.. yuk kita siraam" ujar dini, murid SD kelas 1 Al- Uswah - Srengseng Sawah.

Dengan mengetahui proses dan mempraktekkannya secara langsung ternyata cukup membawa dampak yang positif bagi kepedulian anak. 

Mari kita tanamkan kecintaan pada lingkungan hidup sejak dini..

***

No comments:

Post a Comment