Tuesday, August 10, 2010

Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat di SDN Karang Tengah 02, Bogor

SDN Karang Tengah 02



                                            
Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Karang Tengah 02, Kec. Babakanmadang, Bogor pada tanggal 3 Februari 2010. SDN Karang Tengah 02 terdiri dari 6 (enam) kelas, dan pada acara sosialisasi dibagi menjadi 4 (empat) bagian/sesi dengan tujuan efektivitas materi yang disampaikan.
  1. Sesi pertama diikuti oleh siswa dari kelas 1 (satu) yang berjumlah 127 anak,
  2. Sesi kedua diikuti oleh siswa kelas 2 dan 3 yang berjumlah 174 anak,
  3. Sesi ketiga diikuti sebanyak 124 anak yang berasal dari kelas 4 dan 5, dan
  4. Sesi keempat diikuti oleh siswa kelas 6 yang berjumlah 29 anak dengan materi yang lebih intensif dan mendalam karena daya tangkap yang lebih baik.
Dalam setiap sesi disampaikan materi dalam bentuk tulisan dan gambar, serta ditampilkan pula video tanggap flu burung yang berjudul 'Bajaj Bajuri tanggap flu burung'.

Beberapa poin penting yang dapat diterapkan oleh siswa-siswi dalam kehidupan sehari-harinya adalah:
  1. Etiket flu yang mempraktekkan perilaku ketika terserang flu, seperti menutup hidung ketika bersin dengan menggunakan lengan bagian dalam agar tidak menularkan ke orang lain, serta penggunaan tisu atau masker,
  2. Praktek mencuci tangan yang benar dengan sabun sebagai bentuk pencegahan dari penularan penyakit yang bersumber dari pola hidup kurang bersih dan sehat.






  
Tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan dapat a) meningkatkan kesadaran akan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, b) menyebarkan informasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dengan hewan, dan c) mengajak siswa sekolah untuk tanggap flu burung.

Anak-anak merupakan kader penyampai informasi mengenai pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat di sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini menunjukkan antusias yang tinggi dari anak-anak karena rasa ingin tahu anak-anak yang besar akan sesuatu yang baru, sejak proses penyampaian materi hingga permainan kelompok diikuti dengan semangat yang tinggi.


No comments:

Post a Comment