Wednesday, February 29, 2012

BK PEDULI BERBAGI KECERIAAN DI SDS. BINTANG PANCASILA

SDS Bintang Pancasila
BK PeduliPada minggu ketiga di bulan Desember 2011, yaitu pada tanggal 24 Desember 2011 bertepatan dengan pembagian rapor sekolah dasar kami mengadakan kegiatan yang bersifat hiburan di SDS. Bintang Pancasila. Kegiatan ini selain menjadi hiburan bagi mereka, sekaligus kami jadikan apresiasi atas prestasi yang mereka capai pada akhir semester ini.
Kegiatan tersebut di kemas dalam bentuk games seru dan kreatifitas seni untuk menarik perhatian dan kreatifitas para siswa. Beberapa hadiah kami berikan untuk para pemenang games dan juara kelas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat siswa-siswi sekolah tersebut agar lebih aktif dan lebih giat belajar sehingga bisa memenangkan hadiah-hadiah tersebut (alat tulis, tas, tempat minum, kaos, dan beberapa hadiah lainnya).


Games seru yang dilakukan di SDS. Bintang Pancasila adalah sarung berantai yang dimainkan oleh 10 orang siswa setiap kelompoknya dimana para siswa tersebut harus memindahkan sarung dari orang pertama sampai orang kesepuluh dengan bergandengan tangan dan juga joget balon yang dimainkan 5 orang setiap kelompoknya. Para siswa sangat senang dan terhibur sekali dengan kegiatan tersebut sehingga sampai lupa akan teriknya matahari pada saat itu.

Kolase
Setelah acara games tersebut, ada juga kegiatan Pemberian Makanan Tambahan berupa telur. Tidak hanya itu saja, kemudian siswa-siswi SDS. Bintang Pancasila diajarkan untuk mengolah sampah dari kulit telur tersebut menjadi bentuk kerajinan yang bernilai jual tinggi. Siswa-siswi tersebut diajarkan untuk menempelkan sisa kulit telur tersebut pada setiap kendi dari tanah liat yang sudah disiapkan oleh BK Peduli sehingga akan terbentuk motif-motif unik dari kulit telur tersebut. Dalam kegiatan ini para siswa diharapkan dapat sekreatif mungkin dalam menempelkan kulit telur tersebut untuk mendapatkan hasil yang bagus. Kegiatan ini bertujuan mengajarkan siswa-siswi untuk lebih cinta terhadap lingkungan dengan memanfaatkan sampah kulit telur menjadi kerajinan dan membentuk nilai produktifitas semenjak dini.
Kepala sekolah dan para guru sangat antusias dengan kegiatan yang kami laksanakan, karena kegiatan tersebut dapat menumbuhkan nilai-nilai kesehatan dan kepedulian terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar mereka. Pihaknya juga berharap agar kegiatan tersebut dapat memotivasi siswa-siswi untuk lebih maju kedepannya (YP).


***

No comments:

Post a Comment