Tuesday, July 26, 2011

KEBUTUHAN KALORI TUBUH

Ilustrasi piramida makanan
BK PEDULI - Konsumsi makanan berkaitan erat dengan status gizi/status kesehatan dan umur harapan seseorang. 

Menghitung Kebutuhan Kalori

Seberapa besar kalori yang Anda butuhkan ? Alur Input – Process – Output. Pola produksi ini sama dengan proses tubuh manusia. Sebagai makhluk berdarah panas kita membutuhkan energi untuk mempertahankan suhu tubuh dan beraktifitas. Semakin banyak dan berat aktifitas manusia maka memerlukan asupan kalori yang semakin banyak. Kekurangan kalori dapat menyebabkan badan menjadi kurus. Kelebihan kalori dan menyebabkan tubuh semakin gemuk, karena kalori yang tidak terpakai akan tertumpuk menjadi lemak.

Mekanisme regulasi tersmis setiap orang berbeda-beda dan konsumsi energi tersebut yang menentukan seberapa besar nutrisi yang harus dikonsumsi. Perbedaan jenis kelamin, ras, tinggi badan, kondisi psikologis dan suhu udara ikut mempengaruhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Untuk memudahkan penghitung kalori, berikut kami kutipkan metode menghitung kalori yang sederhana.

Pertama, kalikan berat badan dengan 11. Hasilnya disebut basal metabolic rate (BMR), yakni jumlah kalori minimum yang diperlukitun untuk membuat sistem Anda tetap berjalan.

Berikutnya, tentukan tingkat aktivitas, lalu kalikan BMR dengan persentase yang sesuai di bawah ini. Hasilnya adalah kalori tambahan yang Anda perlukan untuk satu hari.


Tingkat aktivitas Persen

Banyak duduk 30-50
Ringan 55-65
Sedang 65-70
Berat 75-100

Kategori banyak duduk atau sedentary activity merujuk ke banyaknya waktu yang digunakan untuk duduk di rumah menonton televisi, membaca majalah, atau mengobrol lewat telepon. Aktivitas ringan meliputi kesibukan mengurus rumah, memasak, dan berjalan-jalan keliling kampung atau kompleks sehabis makan malam.

Aktivitas sedang meliputi berenang santai atau berjalan cepat tetapi tidak sampai tersengal-sengal waktu diajak bicara. Aktivitas berat meliputi olahraga yang menggenjot jantung seperti berlari, aerobik termasuk latihan beladiri.

Tambahkan kedua angka ini, maka mendapatkan total kalori yang dibutuhkan untuk sehari. Jadi, jika mempunyai berat 150 pound (sekitar 67 kilogram) dengan tingkat aktivitas sehari-hari di ujung bawah skala berat, maka akan memerlukan 2887 kalori.

150 x 11 = 1650
1650 x 0,75 = 1237
1650 +1237 = 2887

Catatan : 1 pound = 0.45 kg

Hasil perhitungan di atasmerupakan taksiran. Untuk mendapatkan hasil yang lebih teleti dapat diukur oleh spesialis fisiologi olahraga atau dokter ahli dibidang metabolisme.

Ayo mulai makan dengan pola menu yang seimbang.

Sumber: dari berbagai sumber
http://thifanpokhan.org/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=75 
Untuk pola makan remaja bisa dilihat disini juga http://sekolahsehat.com/article/16150/pola-makan-sehat-untuk-remaja.html

*** 

No comments:

Post a Comment