Thursday, April 28, 2011

CARA SEDERHANA MEMBUAT KOMPOS

Ilustrasi kompos
BK Peduli - Ternyata membuat kompos itu sederhana lho caranya. Selain lebih hemat untuk merawat tanaman kesayangan kita, membuatnya juga mudah.
Sebelum membuat kompos, siapkan dulu bahan-bahan untuk pembuatannya. Bahan yang biasanya dibuat untuk kompos adalah daun-daunan, jerami kering, sisa bahan makanan dan sisa potongan sayuran dari dapur. Jika anda membersihkan halaman, jangan buang dulu sisa potongan rumput maupun daun pohon yang ditebang. Daun-daun tersebut dikumpulkan dan dapat dipergunakan sebagai kompos. Untuk mempercepat proses pengomposan, diperlukan juga pupuk kandang dan tanah gembur.
Untuk tempat pembuatan kompos, sediakan bak dengan ketinggian sekitar satu meter atau lebih, dan luas sesuai kebutuhan. apabila memungkinkan, sisi bak sebaiknya dilapisi papan yang dapat dibongkar pasang untuk mempermudah proses membolak-balikkan bahan kompos nantinya. Bak juga harus mempunyai tempat teduhan untuk melindungi bahan kompos dari sinar matahari dan hujan.

Cara membuatnya, pertama cacah bahan-bahan kompos yang terdiri daun, jerami, sisa rumput dan sisa sampah dapur hingga kecil dan sedikit halus. Aduk rata agar bahan tercampur sempurna. Kemudian masukkan kompos pada bak dengan ketinggian kompos tidak melebihi bak. Taburi seluruh tepi dan permukaan bahan kompos dengan pupuk kandang secara merata. Taburi kembali dengan tanah gembur. Setelah itu basahi dengan air, namun jangan sampai menggenang. Diamkan dan aduk bahan kompos satu minggu sekali. Penyiraman dapat dilakukan jika kondisi bahan kompos terlalu kering.

Jadi, selain untuk merawat kesuburan tanaman kita, manfaat pembuatan kompos juga sebagai usaha untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Sumber:
bagusjuga.com
***

No comments:

Post a Comment