Thursday, April 14, 2011

FESTIVAL CUCI TANGAN DAN SIKAT GIGI

Festival cuci tangan & sikat gigi
Bekasi Utara, 12 Maret 2011
Anak merupakan asset suatu bangsa yang karena berbagai kendala ia tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka semakin tipis harapan kita akan nasib generasi penerus dimasa datang. Bila ia tumbuh dengan sehat dan ceria tentunya kita akan senang bahkan membanggakannya kepada orang lain.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan kerjasama kami dengan Yayasan Ukhuwah yang membawahi 9 cabang TK Dhuafa Terbuka di Wilayah Bekasi pada bulan Maret tahun lalu. Bedanya kalau saat itu kami hanya bekerjasama dengan 1 (satu) TK Dhuafa, kali ini 9 (sembilan) cabang TK Dhuafa terbuka dari yayasan tersebut yang kami ajak kerjasama.
Sebagai salah satu bentuk kepedulian kami terhadap pentingnya kebersihan diri pada anak sejak dini, kami mencoba merangkul anak dari tingkatan taman kanak-kanak untuk melaksanakan dua kegiatan yang diharapkan dapat menjadi kebiasaan sehari-hari.
 
Perilaku bersih terkadang sangat kurang diperhatikan oleh sang anak. Terkadang kalau sudah seharian bermain dan sudah merasa lelah dan mengantuk, rutinitas sebelum tidur sering terlewatkan. Oleh karena itu, kami mencoba untuk mengenalkan pada anak-anak mengenai pentingnya kebersihan perorangan tersebut, dimulai dari 2 (dua) kebiasaan sederhana.

Kegiatan sikat gigi
Kegiatan cuci tangan
Acara ini kami beri nama “Festival Cuci Tangan dan Sikat Gigi” yang kami laksanakan pada tanggal 12 Maret 2011 dengan mengambil tempat di pelataran masjid Amar Ma’ruf—Bekasi Timur, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini kami melibatkan 250 orang anak yang berasal dari 9 (Sembilan) cabang TK “terbuka dhuafa” Ukhuwah di sekitar Bekasi dengan kisaran umur antara 5-6 tahun.
Acara ini dimulai dengan pembukaan dari perwakilan Yayasan Ukhuwah, yang kemudian dilanjutkan dengan pemakaian kaos secara serentak oleh anak-anak sekaligus menandai dibukanya kegiatan ini oleh perwakilan BK Peduli. 

Pada pelaksanaan kegiatan ini, anak-anak dibariskan menurut sekolahnya masing-masing. Sebelum melaksanakan kegiatan cuci tangan dan sikat gigi, anak-anak diperlihatkan terlebih dahulu oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi, bagaimana menggosok gigi yang benar. 

Kegiatan ini merupakan perpaduan antara permainan anak-anak serta penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan menanamkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun setiap selesai beraktivitas dan sikat gigi dua kali sehari.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan pada acara ini merupakan kolaborasi dari tim BK Peduli dibantu oleh guru-guru TK “terbuka dhuafa” Ukhuwah. Pada acara ini juga diputarkan video edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut yang kemudian dilanjutkan dengan permainan anak yang bertujuan untuk membiasakan saling bekerjasama antar teman.

Suatu momen kegiatan bersama anak-anak yang tidak terlupakan. Terima kasih kami ucapkan kepada semua peserta yang hadir pada acara ini serta pihak-pihak yang membantu terselenggaranya acara ini.

***

 

No comments:

Post a Comment